Sabtu, 06 September 2008

SOSOK MAHASISWA IDEAL DALAM ERA GLOBALISASI

SOSOK MAHASISWA IDEAL DALAM ERA GLOBALISASI

Muhammad Daud, S. Hut.

Fakultas Kehutanan

Universitas Hasanuddin

Dewasa ini kecenderungan dan fenomena dari era globalisasi semakin transparan dan menjalar ke berbagai ke pelosok masyarakat dunia, tanpa mengenal dan memandang batas negara. Jaringan masyarakat antara negara yang satu dengan negara lainnya tidak lagi disahkan oleh batas-batas negara secara geografis.

Di era globalisasi, masyarakat lebih kompleks dan dinamis. Era ini menuntut partisipasi semua pihak untuk terlibat di dalamnya. Setiap orang tidak hanya dituntut untuk menguasai bidangnya saja tetapi juga mampu berintegrasi pada bidang lain. Oleh karena itu diperlukan suatu sikap kepekaan yang tinggi terhadap keadaan di luar dirinya.

Peranan mahasiswa pada era ini sangat diperlukan mengingat mereka kaum-kaum terpelajar yang masih penuh dengan semangat dan cita-cita. Untuk itu diperlukan mahasiswa ideal yang mempunyai jiwa yang peka terhadap perubahan lingkungannya, mempunyai sifat yang dapat mengontrol dirinya serta dapat membawa aspirasi rakyat untuk diperjuangkan.

Sosok mahasiswa ideal dalam era globalisasi maksudnya suatu kepribadian seorang mahasiswa yang mampu mengimbangi antara tugas kuliah dan tugas luar kuliah serta konsisten pendiriannya dalam menanggapi masalah-masalah sosial, politik tanpa dipengaruhi oleh kelompok, maupun individu.

Seorang mahasiswa ideal dituntut untuk menguasai berbagai informasi dan IPTEK sehingga mampu beradaptasi dengan lingkungannya, baik lingkungan sekolah maupun lingkungan hidupnya. Selain itu mahasiswa ideal juga mempunyai kemampuan bergaul dengan lingkungan, teman, dosen serta mempunyai kreativitas, intelegensi, dan kecerdasan yang tinggi.

1 komentar:

adi mengatakan...

mantap terus berkarya demi bangsa gan