Senin, 08 September 2008

PANDANGAN MANUSIA DAN PENDUKUNGNYA

PANDANGAN MANUSIA DAN PENDUKUNGNYA

Muhammad Daud, S. Hut.
Fakultas Kehutanan
Universitas Hasanuddin


Pandangan Dunia dan Ideologi
Istilah pandangan dunia (world view) dan ideologi acapkali digunakan dalam makna yang berdekatan. Termasuk dalam pengertian istilah pandangan dunia adalah kumpulan keyakinan dan pandangan yang sistematis tentang alam dan manusia.
Bahkan tentang wujud secara umum, termasuk ideologi, adalah pengertian tentang kumpulan pandangan universal dan sistematis seputar jalan dan cara hidup manusia. Bertolak dari kedua makna di atas, maka dapat diketahui bahwa tatanan dasar dari keyakinan seluruh agama adalah pandangan dunia, dan tatanan hukum-hukum dalam bentuknya yang umum adalah ideologi.
Perlu ditegaskan bahwa pandangan dunia tidak mewakili suatu keyakinan tertentu secara khusus, dan kata ideologi juga tidak mewakili secara hukum suatu aliran (pemikiran) tertentu. Dan adakalanya pula istilah ideologi digunakan dengan makna yang identik dengan istilah pandangan dunia.


Pandangan Dunia Ilahi dan Materi
Di antara manusia dapat ditemukan berbagai jenis pandangan dunia. Namun, secara umum kita dapat membaginya ke dalam dua kategori; keimanan kepada sesuatu yang berada di balik alam konkret dan pengingkaran terhadapnya.
Alhasil, pandangan dunia dapat dibagi ke dalam dua jenis. Pertama, pandangan dunia ilahiah; yakni keyakinan tentang adanya Tuhan. Keyakinan ini eksis sebagai agama yang meniscyakan adanya dikotomi; ketauhidan dan kesyirikan.
Adapun berkenaan dengan faktor penyebab munculnya beragam agama di tengah masyarakat manusia, para ahli agama memiliki pandangan yang beragam. Adapun sekaitan dengan pandangan sunia Islam yang dapat ditinjau dari pelbagai referensinya yang berkenaan dengannya adalah; bahwa agama ini lahir bersamaan dengan lahirnya manusia.
Manusia yang pertama kali menempati alam dunia ini adalah Adam as, yang diyakini sebagai nabi pertama yang mengajak pada ketauhidan. Sedangkan agama-agama berbau kemusyrikan muncul dari penyelewengan dan hawa nafsu manusia, baik secara perorangan maupun komunal. Dan agama tauhid adalah agama sebenarnya yang datang dari langit, dengan didasari tiga keyakinan:
(1) Keyakinan terhadap keesaan Tuhan.
(2) Keyakinan terhadap kehidupan abadi manusia di hari akhirat serta adanya balasan terhadap segenap perbuatan manusia di dunia.
(3) Keyakinan terhadap utusan Allah Swt untuk mengantarkan manusia kepada hidayah kesempurnaan dan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Kedua, pandangan dunia materi. Dulu kelompok yang menganut pandangan dunia ini disebut dengan (tabi’i atau dahry). Sedangkan pada masa ini, mereka dikenal dengan sebutan kaum materialis (mabdi). Materialisme sebagai mazhab pemikiran yang dianut mereka memiliki banyak varian. Yang paling masyhur pada zaman ini adalah Materialisme Dialektika, sebagaimana yang terkandung dalam mazhab filsafat Marxisme.

Menganut Pandangan Dunia
Sewaktu manusia berbicara tentang problema pandangan dunia dan pengenalan terhadap dasar-dasar agama, maka pertanyaan yang harus pertama kali disampaikan adalah:
a) Apakah jalan yang harus ditempuh demi meluruskan pandangan dunia dan ideologi?
b) Apakah jalan pengenalan itu? Dan apakah juklak (petunjuki pelaksanaan) yang harus digunakan demi mencapai jalan pengenalan tersebut?
Bidang yang membicarakan masalah di atas secara mendetail tercantum dalam pembahasan filsafat epistimologi, yang membahas tentang berbagai macam makrifat manusia dan pendukungnya. Tetapi di sini, kami secara global akan menyebutkan empat bentuk pandangan:

1. Pandangan dunia sains yang dirumuskan berdasarkan eksperimen yang bersifat pasti tetapi tidak dapat di gunakan untuk mengenali apapun yang akan datang.
2. Pandangan dunia filsafat/akal yang diformulasikan lewat bangunan argumenasi, bersifat universal, serta meliputi masa lampau dan masa yang akan datang.
3. Pandangan dunia agama yang diperoleh lewat berita-berita yang diyakini dan disyiarkan.
4. Pandangan dunia syuhudi, diperoleh lewat makrifat hudhur (pengetahuan yang diperoleh tanpa memerlukan perantara, dan kebenarannya bersifat pasti).

Dalam hal ini, akal merupakan satu-satunya jalan terbaik bagi kita dalam merumuskan dan menganut pandangan dunia. Ini mengingat karakteristiknya bersifat universal dan mencakup seluruh permasalahan yang menyangkut kebutuhan manusiawi.
Sedangkan pandangan dunia agama hanya dapat diyakini apabila sebelumnya kita telah memiliki konsepsi akal tentangnya.
Pandangan dunia syuhudi merupakan pandangan dunia yang bertumpu pada ilmu hudhuri yang bersumber dari kekuatan dan kepekaan jiwa manusia. Ini dicapai lewat mujahadah yang tentunya tidak semua orang sulit mampu melakukannya. Dengan kata lain, hanya orang-orang tertentu saja yang mampu melakukannya.
Adapun pandangan dunia yang dilandasi sains (ilmu pengetahuan) tidak mencakup seluruh permasalahan manusiawi. Ia hanya berbicara tentang apa yang ada dan terjadi sekarang. Pendeknya, rumus pandangan dunia sains tidak mempersoalkan awal dan akhir perjalanan hidup manusia.

Akal sebagai Titik Kesempurnaan Manusia
“Orang berakal terasa dekat dalam pengasingannya, dan orang bodoh akan merasa asing sekalipun berada dalam negerinya,” demikian ungkapan bijak Imam Ali bin Abi Thalib.
Dunia merupakan tempat umat manusia berjuang demi meraih kebahagiaan hidupnya. Sebagai makhluk, manusia tak akan terlepas dari kejaran musibah dan kematian yang berlaku di dalamnya.
Manusia berbeda dengan makhluk lainnya. Faktor pembedanya adalah tuntutan akal yang menjadikan manusia belajar dari contoh kehidupan manusia terdahulu demi merencanakan kehidupan di masa datang.
Berkenaan dengan bencana dan malapetaka, manusia bukan hanya menghindarinya, melainkan juga akan menyusun rencana dan mengerahkan upayanya demi mencegahnya. Manusia tak hanya mencari keuntungan pada hari ini. Melainkan juga akan menjadikan keuntungan yang diperoleh pada hari ini sebagai modal untuk mendulang keuntungan di hari esok.
Manusia juga tidak hanya menyelamatkan diri dan anaknya saat rumahnya terbakar. Tetapi juga berusaha memadamkan api yang melahap rumah dan hartanya. Keistimewaan manusia terletak pada naluri keingintahuannya. Naluri ini bukan hanya diorientasikan pada nilai-nilai material belaka. Melainkan lebih dari sekadar itu. Dengan adanya naluri tersebut, manusia ingin tahu asal-usulnya, seraya mempertanyakan bagaimana mereka eksis di muka bumi ini, untuk tujuan apa, mengapa manusia atau makhluk hidup (biotik) lainnya harus mengalami kematian, bagaimana seharusnya mengisi kehidupan ini, serta bagaimana mencapai jalan keselamatan serta terhindar dari kesesatan.
Semakin kukuh dan komprehensif jawaban yang diperoleh atas rangkaian pertanyaan di atas, semakin luas pula wawasan dan pemahaman manusia, yang pada gilirannya menjadikan bobot kemanusiaan dirinya semakin bernilai dan berkualitas.

Musuh Manusia adalah Dirinya Sendiri
Disebutkan dalam banyak ayat ataupun riwayat bahwa musuh utama manusia adalah dirinya sendiri. Ini lantaran manusia bergerak dan beraktivitas sesuai dengan kehendaknya; bukan laksana robot yang diprogram sesuai dengan kehendak selainnya. Meskipun kehendak manusia banyak dipengaruhi selainnya, namun keputusan akhirnya tetap saja bergantung pada kehendak manusia itu sendiri. Ciri khas perbuatan dengan satu kehendak adalah adanya tujuan dari kehendak tersebut.
Baik-buruknya suatu kehendak ditentukan oleh baik-buruknya tujuan yang dipatoknya tersebut. Sehingga kadar baik dan buruknya amat ditentukan oleh lurus-tidaknya tujuan dan keberadaannya di alam kehidupan ini.
Dalam hal ini, perlu diperjelas mengapa dan untuk apa mereka hidup? Apa yang terjadi setelah kematian? Piciknya tujuan yang dicanangkan akan mengakibatkan manusia hidup dalam dalam lingkup kegelapan yang menyesatkan. Lebih lagi, akan menjadikannya hidup tanpa memiliki kepastian apapun.
Allah Swt adalah wali bagi orang-orang yang beriman. Dia akan senantiasa mengeluarkan orang-orang yang beriman dari kepungan kegelapan menuju cahaya. Dan wali orang-orang kafir adalah thagut, yang mengeluarkan mereka dari cahaya menuju kegelapan nan gulita.

Tidak ada komentar: