Sabtu, 06 September 2008

MASALAH ANDA ADALAH PELUANG ANDA

MASALAH ANDA ADALAH PELUANG ANDA

Muhammad Daud, S. Hut.

Fakultas Kehutanan

Universitas Hasanuddin

“Kadangkala Hidup Ini Sekeras Baja, Bagaikan Air Tetap Mengalir ke Sungai, Hidup juga Mempunyai Musim Kemarau Dan Musim Hujan, yang Senatiasa Berubah. Hidup Mempunyai Kehangatan, Musim Panas yang

Menyegarkan dan Kesejukan yang Menusuk”

Kebanyakan dari kita cenderung berpikir bahwa masalah adalah sesuatu yang buruk. Selama masih hidup, kita akan mengalami berbagai masalah, penderitaan, dan kedukaan. Tetapi dengan memamahaminya, mungkin membuat diri anda lebih manis dan bagus (sweet anda better) atau tidak akan lebih masam dan buruk (sour and bitter).

Jika kita mengeluarkan diri dari masalah dan melihatnya dari luar, maka satu masalah menjadi suatu keadaan. Jika kita mengkaji keadaan dan memikirkan bagaimana dapat menepisnya, maka keadaan akan menjadi suatu tantangan.dan apabila kita berpikir tentang cara untuk mengatasi tantangan, maka tantangan akan menjadi suatu peluang yang sangat penting bagi suatu kesuksesan.

Masalah dapat dibagi ke dalam dua kelompok. Masalah pemeliharaan (maintenance) timbul jika situasi yang ada tidak semestinya, serta masalah pencapaian (achievement), yaitu jika situasi sekarang dapat lebih baik. Kelompok ke-2 ini dapat dibagi lagi menjadi 3 sub kelompok, yaitu (1) Jika tujuan saat ini belum tercapai (2) Jika tujuan saat ini dapat ditingkatkan (3) Jika ada kesempatan

Pemecahan masalah adalah proses yang kompleks dan sering berbelit-belit dan tidak mudah di bagi ke dalam tahap-tahap yang jelas. Akan tetapi, ada lima Kelompok utama yang terlihat yaitu: (1) Mengenali dan mendefinisikan masalah, (2) Menganalisis masalah (3) Mengembangkan kemungkinan solusi, (4) Mengevaluasi solusi, (5) Mengimplementasikan solusi terpilih.

Pengaruh beberapa masalah tidaklah cukup penting, sehingga tidak perlu mengalokasikan waktu dan upaya untuk memecahkannya. Ada empat pilihan utama untuk memecahkannya. Ada empat pilihan utama jika anda mengahadapi sebuah masalah yaitu:

1. Jangan lakukan apapun, jika misalnya masalah itu selesai dengan sendirinya.

2. Monitor situasinya

3. Atasi pengaruhnya

4. Cobalah memecahkan secara langsung

Keunggulan Abraham Lincoln mencapai puncak prestasi disebabkan beliau menghadapi masalah-masalah yang ia alami di awal hidupnya. Hal ini telah menghasilkan kecerdasan yang tidak dipunyai orang biasa. Lincoln memiliki sifat luar biasa yang memungkinkan ia mendapat lebih banyak semangat serta tidak putus asa ketika menghadapi kesulitan dan hambatan. Perna di suatu kampus, suatu ketika seorang dosen bertanya kepada mahasiswanya: Siapa yang ingin tidak mempunyai masalah? Semua mahasiswanya mengangkat tangan. Kemudian sang dosen berkata, setiap kali ia akan berangkat kerja, ia melewati suatu tempat yang tidak memiliki masalah. Ia mengatakan bahwa tempat tersebut adalah kuburan. Beliau mengatakan: ”Jika anda ingin tidak memiliki masalah cepatlah bergabung ke tempat tersebut” yang langsung disambut dengan tawa mahasiswa.

Apakah kita ingin seperti kondisi di atas???? Tentu tidak. Oleh karena itu hadapilah masalah Anda. Masalah merupakan suatu tanda kehidupan. Semakin banyak masalah, semakin hiduplah kita. Di kehidupan ini kita akan menemukan banyak ujian, cobaan dan masalah-masalah lain. Ini adalah rahasia yang membuat beban menjadi rahmat. Rahmat untuk mendekatkan diri kita kepada Sang Pencipta. Masalah juga mengajarkan kita menjadi gagah ketika kita lemah, menjadi berani ketika kita takut, menjadi bijaksana di tengah-tengah kabut dan menjadi kemenangan dalam hidup yang kita lalui dan akhirnya akan berfaedah bagi pengembangan diri kita. Oleh karena itu, Hadapilah Masalah Anda.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Masalah.......mgkin itu kata yang akrab dengan saya skrg.Terkadang mncoba untuk kuat dan brusaha keluar dari masalah,tapi rasanya terlalu sulit.
Hati kadang berteriak, tp mulut tetap terbungkam, bibir tetap tersenyum, tawa tetap terdengar...
satu hal yang tetap kupegang teguh sampe skrg, jgn pernah buat org lain kasian trhadapmu karena masalahmu.Hadapi, selesaikan dan simpan masalah itu sendiri, rapat-rapat jauh di dalam hati.

Muhammad Daud Hammasa mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Muhammad Daud Hammasa mengatakan...

Masalah gak slama diselesaikan sendiri, terkadang kita haruz diskusi dengan orang laen mengenai masalah kita, namun gak smua org ngerti maslah kamu,ada org yang hanya bisa nambain masalah kamu, so kamu harus diskusi dgn orang yg kamu anggap bisa bantuin kmu untuk berpikir memecahkan masalah. Ingatlah slalu bahwa tidak ada masalah yang abadi dunia ini. masalah dapat diselesaikan dengan berpikir dan berbuat. Sebenarx gak ada masalah di dunia ini karena semua cuma butuh dipahami. So' blajarlah dari masalah anda coz itu adalah peluang anda menjadi orang yang sukses. kalo anda gagal gak usa putus asa coz anda sebenarx dah dapat dua hal: 1. anda tahu mngapa anda gagal 2. anda tau gimana carax spy gak gagal lagi. Semakin sering anda mengalami masalah semakin besar peluang anda menjadi orang sukses