Minggu, 28 Februari 2010

ANALISIS KONSUMSI DAN PENAWARAN ENERGI DAN TREND PENGEMBANGAN BIOENERGI DI INDONESIA

ANALISIS KONSUMSI DAN PENAWARAN ENERGI DAN TREND PENGEMBANGAN BIOENERGI DI INDONESIA

Muhammad Daud1
1 Mahasiswa Pascasarjana, IPB
Email: daud_forest@yahoo.com

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perkembangan bioenergi di Indonesia dan menganalisis komsumsi dan penawaran energi serta trend pengembangan bioenergi dalam jangka pendek dan jangka panjang serta proyeksi produksinya ke depan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dalam bentuk time series data dari tahun 2000 sampai 2008. Data dianalisis dengan menggunakan metode Ordinary Least Square (OLS) dengan menggunakan Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komsumsi energi nasional meningkat setiap tahun yang disebabkan oleh peningkatan jumlah penduduk dan penawaran energi nasional. Persentase penawaran energi berbahan bakar fosil terutama minyak mentah (crude oil) mengalami penurunan meskipun penawaran batubara (coal) memiliki trend yang meningkat, sedangkan NPG dan LNG cenderung tidak berkembang. Energi baru dan terbarukan seperti hydropower dan hydrothermal cenderung stagnan sedangkan energi biomassa (bioenergi), meskipun dari segi persentase terhadap penawaran energi total menunjukkan penurunan namun dari segi jumlah pasokan energi mengalami peningkatan. Komsumsi energi per kapita meningkat setiap tahun sekitar 0,05433 BOE (barrels of oil equivalent) per capita. Meningkatnya harga BBM nasional menyebabkan penawaran dan komsumsi bioenergi nasional meningkat secara signifikan. Dari segi bahan baku bioenergi, minyak kelapa sawit (CPO) tetap merupakan kontributor utama dalam perkembangan bioenergi ke depan.

Kata Kunci : Komsumsi, Penawaran, Energi, Trend, Bioenergi

Cara Menulis Pustaka:Daud M. 2010. Analisis Konsumsi Dan Penawaran Energi Dan Trend Pengembangan Bioenergi Di Indonesia. Makalah Penelitian (Belum Dipublikasikan)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mantav kkag emm klo boleh negh mengenai deter d masukin jg yah buat nambah pengetahuan skligus bahan ajar hehehe good luck yh kkag ^_^